Senin, 04 Maret 2019

Affiliate Marketing Restasia


 Apa Itu Affiliate Marketing?
Sebenarnya, tanpa kita sadari, kita semua sudah pernah berpartisipasi dalam kegiatan affiliate marketing. Misalnya, ketika Anda me-refer teman Anda untuk menggunakan Uber, Anda akan mendapatkan kode promo atau diskon, kan? Ini adalah salah satu bentuk affiliate marketing.
Bentuk affiliate marketing yang lebih kelihatan adalah ketika Anda membuka sebuah blog. Misalnya, Anda ingin membeli sebuah kamera DSLR tetapi Anda tidak bisa menentukan brand dan model apa yang ingin Anda beli. Apa yang akan Anda lakukan? Kebanyakan orang akan membuka Google dan mencari keyword seperti “Kamera DSLR terbaik”. Anda mungkin akan membaca sebuah blog atau menonton video yang muncul di hasil pencarian. Biasanya, blogger dan YouTuber akan memberikan link untuk mengunjungi halaman pembelian produk tersebut. Tanpa Anda sadari, link tersebut adalah sebuah affiliate link. Jika Anda melakukan transaksi melalui link tersebut, blogger dan YouTuber tersebut akan mendapat komisi dari penjualan tersebut.
Secara simple, affiliate marketing adalah sebuah proses dimana Anda mempromosikan produk milik orang lain dan mendapatkan komisi.
Cara Kerja Affiliate Marketing
Seperti yang sudah disebutkan di atas, kebanyakan review yang terdapat di konten blog atau video ditulis atau dibuat oleh seorang affiliate marketer. Ketika Anda meng-klik salah satu linknya untuk membeli barang, penjual akan menandai link tersebut dan membayarkan komisi kepada reviewer tersebut. Jadi beberapa persen dari penjualan akan dibayarkan kepada affiliate marketer.
Kenapa Affiliate Marketing?
Ada beberapa alasan mengapa Anda boleh mempertimbangkan untuk mencoba affiliate marketing:
Bisa menjadi passive income
Dengan affiliate marketing, Anda hanya perlu bekerja satu kali – yaitu memasukkan link ke website Anda – dan Anda mendapat penghasilan setiap kali ada orang yang melakukan transaksi melalui link tersebut. Ini juga disebut sebagai passive income.
Ini tentunya berbeda dengan konsep bekerja pada umumnya dimana Anda bekerja dari jam 9 sampai jam 5 dan Anda akan mendapat bayaran sesuai jam kerja Anda. Dengan afflilate marketing, Anda bisa mendapat income atau pemasukan kapan saja tanpa bekerja banyak.
Jam kerja yang fleksibel
Ketika Anda baru memulai affiliate marketing memang tidak mungkin Anda benar-benar melepaskan pekerjaan Anda dan hanya mengandalkan affiliate marketing sebagai penghasilan utama. Tentu membutuhkan waktu sebelum Anda benar-benar bisa menjadikan affiliate marketing sebagai penghasilan utama Anda. Tetapi jika Anda bisa memanfaatkan affiliate marketing dengan baik, tentunya Anda bisa bekerja untuk diri Anda sendiri dan memiliki jam kerja yang fleksibel.


Restasia adalah program afiliasi yang dikelola oleh star share. Star share adalah perusahaan yang berspesialis dibidang menajemen administrasi bisnis. Star share ingin mengajak anda para blogger, pemilik website, dan influencer lainnya untuk bergabung bersama kita yaitu afiliasi marketing Restasia.